Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Wortel Baik untuk Mata? Mitos atau Fakta?

mata minus adalah, gejala mata minus, optik kacamata terdekat
Lunett Update

Wortel Baik untuk Mata? Mitos atau Fakta?

“Ayo makan wortel, biar matanya sehat.” 

Apakah kamu sering mendengar nasihat itu? Dari dulu, wortel dipercaya bermanfaat untuk mata. Bahkan, banyak yang percaya wortel bisa menyembuhkan mata minus. Namun, informasi bahwa wortel bisa menyembuhkan mata minus adalah salah, ya! Meski begitu, benar adanya bahwa wortel bermanfaat untuk mata. Apa saja manfaat itu? Simak di bawah ini, ya!

mata minus adalah, gejala mata minus, optik kacamata terdekat

(Dok. Pinterest @keelhamfarm)

  1. Mencegah Mata Minus (Rabun Jauh)

Saat seseorang mengalami gejala mata minus, wortel tidak dapat menyembuhkannya. Namun, bila matamu masih sehat, wortel bisa membantu mencegah mata minus. Wortel kaya akan vitamin A. Vitamin A membantu mata mengonversi cahaya yang akan diteruskan ke otak. Itu berarti, vitamin A membantu kerja retina sehingga mata dapat melihat lebih jelas baik di siang maupun di malam hari, dan ketika melihat dalam keadaan minim cahaya.

  1. Mencegah Mata Kering

mata minus adalah, gejala mata minus, optik kacamata terdekat
Apakah kamu tahu penyakit xerophthalmia? Xerophthalmia adalah kondisi mata kering akibat kekurangan vitamin A yang bisa menyebabkan kerusakan kornea, bahkan yang paling parah adalah kebutaan! Vitamin A yang terdapat pada wortel dapat membantu mencegah penyakit ini, sebab vitamin A dapat memberi nutrisi pada kornea sehingga mata tidak kering dan mencegah terkena penyakit ini.
  1. Mencegah Glaukoma 

Glaukoma atau kerusakan syaraf mata bisa disebabkan banyak hal, salah satunya adalah kadar gula darah yang tinggi. Kandungan vitamin A dalam wortel juga bermanfaat untuk mengatur gula darah dalam tubuh sehingga resiko glaukoma akibat gula darah tinggi pun bisa berkurang. 
  1. Mencegah Penyakit Mata pada Lansia

mata minus adalah, gejala mata minus, optik kacamata terdekat

Dok. Pinterest (huffingtonpost.com)

Degenerasi makula adalah penyakit mata yang sering terjadi pada orang lanjut usia. Pandangan bisa menjadi buram dan mengganggu ketika membaca, menyetir, bahkan melihat wajah orang lain. Wortel dapat mengurangi risiko penyakit ini karena mengandung lutein dan zeaxanthin.

 

Dari keempat manfaat wortel tersebut, dapat kita pastikan bahwa wortel baik untuk mata adalah fakta! Makan wortel sangat baik untuk mata, tapi jangan berlebihan dalam mengonsumsinya, ya! Sebab, mengonsumsi wortel berlebihan dapat mengganggu saluran pencernaan dan membuat kulit berwarna oranye. Apabila kamu merasa mengalami gejala penyakit mata, jangan lupa periksakan diri ke optik kacamata terdekat. Pastikan mengonsumsi wortel secukupnya dan terapkan gaya hidup sehat supaya kesehatan mata terus terjaga!

Read more

Tips Menggunakan Riasan Sesuai Bentuk Mata
Tips & Trick

Tips Menggunakan Riasan Sesuai Bentuk Mata

Menggunakan teknik riasan atau makeup yang tepat kamu bisa menegaskan bentuk mata sehingga terlihat lebih menarik

Read more
kacamata, frame kacamata, nose pad kacamata
Lunett Update

Kacamata Sering Melorot? Ini 5 Tips Mengatasinya!

Kacamata sering melorot memang menyebalkan, bahkan mengganggu kegiatan sehari-hari. Ada banyak penyebabnya, mulai dari wajah berminyak, frame longgar, dan lainnya. Untuk mengatasi hal ini, yuk sima...

Read more