Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: WASPADA! Ini 5 Gejala Ada Kutu di Bulu Mata

sakit mata
Tips & Trick

WASPADA! Ini 5 Gejala Ada Kutu di Bulu Mata

Kutu di bulu mata, yang juga dikenal sebagai demodex, adalah parasit mikroskopis yang dapat menginfeksi folikel rambut, termasuk bulu mata. Meskipun keberadaannya sering kali tidak menyebabkan gejala yang nyata, ada beberapa tanda yang perlu diwaspadai jika seseorang mengalami infeksi demodex di daerah bulu mata.

1. Iritasi atau Gatal di Area Mata

sakit mataDok. Pinterest (@stylecraze)

Salah satu gejala umum infeksi demodex adalah iritasi atau gatal di sekitar mata. Jika kamu merasa mata terasa tidak nyaman atau terdapat sensasi gatal, ini dapat menjadi tanda adanya kutu di bulu mata.

2. Bulu Mata yang Menempel Bersama

Kutu di bulu mata dapat menyebabkan bulu mata menempel bersama atau tampak lebih tebal. Ini mungkin disebabkan oleh kotoran atau ekskresi kutu yang mengumpul di sekitar akar bulu mata.

3. Mata Kemerahan atau Bengkak

Infeksi demodex dapat menyebabkan peradangan di sekitar mata, yang dapat mengakibatkan mata kemerahan atau bengkak. Jika kamu mengalami gejala ini, periksakan mata ke dokter untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

4. Kerontokan Bulu Mata yang Lebih Intensif

Kutu di bulu mata dapat menyebabkan kerontokan bulu mata yang lebih intensif daripada biasanya. Jika kamu menyadari peningkatan kerontokan bulu mata, ini dapat menjadi tanda potensial infeksi demodex.

5. Pembentukan Kerak di Dasar Bulu Mata

sakit mataDok. Pinterest (@healthline)

Demodex dapat menyebabkan pembentukan kerak atau koreng di dasar bulu mata. Ini mungkin terlihat seperti partikel putih atau kuning yang menumpuk di sekitar akar bulu mata.

Jika kamu mengalami salah satu atau beberapa gejala ini, segera berkonsultasi dengan dokter mata untuk diagnosis dan perawatan yang sesuai. Perlu diingat bahwa infeksi demodex dapat diatasi dengan perawatan yang sesuai, dan deteksi dini adalah kunci untuk menghindari komplikasi lebih lanjut.

Read more

sakit mata
Tips & Trick

5 Gejala Mata Malas pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Mata malas atau ambliopia adalah kondisi mata di mana satu mata mengalami penurunan penglihatan karena kurangnya koordinasi dengan mata yang lain. Kondisi ini sering terjadi pada masa kanak-kanak d...

Read more
sakit mata
Tips & Trick

Kenali Gejala Pterygium yang Harus Kamu Waspadai!

Pterygium adalah pertumbuhan jaringan yang biasanya muncul pada permukaan mata, terutama pada konjungtiva, lapisan tipis yang melapisi bola mata. Mengetahui gejala pterygium dapat membantu dalam de...

Read more