Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Kenali Gejala Pterygium yang Harus Kamu Waspadai!

sakit mata
Tips & Trick

Kenali Gejala Pterygium yang Harus Kamu Waspadai!

Pterygium adalah pertumbuhan jaringan yang biasanya muncul pada permukaan mata, terutama pada konjungtiva, lapisan tipis yang melapisi bola mata. Mengetahui gejala pterygium dapat membantu dalam deteksi dini dan pengelolaan kondisi ini. Berikut adalah beberapa gejala yang perlu diwaspadai.

1. Iritasi atau Gatal di Mata

Pterygium dapat menyebabkan iritasi dan gatal pada mata yang terkena. Sensasi tidak nyaman ini mungkin semakin terasa ketika mata terpapar debu atau angin.

2. Mata Kemerahan dan Berair

sakit mata

Dok. Pinterest (@medicalnewstoday)

Kondisi ini dapat menyebabkan mata menjadi kemerahan dan terlihat lebih berair dari biasanya. Peradangan ini sering kali menjadi tanda pterygium yang sedang berkembang.

3. Sensasi Ada Benda Asing di Mata

Orang yang mengalami pterygium mungkin merasa seperti ada benda asing atau pasir di mata mereka. Hal ini bisa menjadi respons alami terhadap pertumbuhan jaringan tambahan di permukaan mata.

4. Pandangan Kabur atau Penglihatan Terganggu

sakit mata

Dok. Pinterest (@galaxyoptician)

Pterygium yang berkembang dapat mengganggu pandangan dan menyebabkan penglihatan kabur, terutama jika tumbuh ke arah pusat kornea, yang merupakan bagian transparan dari bola mata.

5. Pembentukan Flek atau Lesi pada Mata

Pterygium dapat muncul sebagai lesi atau flek pada mata. Ini mungkin terlihat sebagai pertumbuhan jaringan yang menonjol di atas permukaan mata.

Jika kamu mengalami beberapa atau semua gejala ini, segera berkonsultasi dengan dokter mata. Pterygium dapat berkembang tanpa menimbulkan gejala pada awalnya, tetapi perawatan mungkin diperlukan jika kondisi ini menyebabkan ketidaknyamanan atau memengaruhi penglihatan. Deteksi dini dan perawatan yang tepat dapat membantu mengelola pterygium dan mencegah kemungkinan komplikasi.

Read more

sakit mata
Tips & Trick

WASPADA! Ini 5 Gejala Ada Kutu di Bulu Mata

Kutu di bulu mata, yang juga dikenal sebagai demodex, adalah parasit mikroskopis yang dapat menginfeksi folikel rambut, termasuk bulu mata. Meskipun keberadaannya sering kali tidak menyebabkan geja...

Read more
sakit mata
Tips & Trick

5 Gejala Buta Warna pada Anak

Buta warna adalah kondisi penglihatan yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk membedakan warna tertentu. Pada anak-anak, mengidentifikasi gejala buta warna bisa menjadi tantangan karena mereka ...

Read more