Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Kelopak Mata Merah dan Bengkak? Waspada Blefaritis!

kelopak mata, sakit mata, klinik mata
Lifestyle

Kelopak Mata Merah dan Bengkak? Waspada Blefaritis!

Setiap hari, tak jarang kita merasa gatal pada kelopak mata. Namun, bila gatal kelopak mata ini terjadi terus menerus hingga menyebabkan sakit mata merah dan bengkak, tentu perlu diwaspadai, dan bahkan bisa saja kita butuh pengobatan ke klinik mata. Salah satu hal yang bisa jadi penyebab sakit mata gatal sampai merah dan bengkak adalah blefaritis. Apa saja penyebab blefaritis? Simak di bawah ini.

  1. Infeksi bakteri Staphylococcus
kelopak mata, sakit mata, klinik mata

Dok. Pinterest (eyelovethesun.com)

Bakteri ini sebenarnya sering kita temui dan tidak begitu berbahaya. Akan tetapi, ada kalanya bakteri ini tumbuh terlalu banyak dan menimbulkan infeksi. Salah satu infeksi yang bisa terjadi adalah infeksi kulit, dan apabila itu terjadi pada kelopak mata, maka bisa menyebabkan blefaritis. Oleh sebab itu, jangan lupa cuci tangan sebelum kamu memegang mata, ya!

  1. Alergi
kelopak mata, sakit mata, klinik mata

Dok. Pinterest (@healthline)

Ada banyak hal yang sering kita pakai di mata, misalnya lensa kontak, obat tetes mata, make up (contohnya eyeliner, eyeshadow, mascara). Apabila ternyata kita memiliki alergi terhadap hal-hal tersebut, maka dapat menyebabkan sakit mata blefaritis.

  1. Kutu di Bulu Mata
kelopak mata, sakit mata, klinik mata

Dok. Pinterest (@healthline)

Saking kecilnya, kita tidak bisa melihat kutu yang ada di bulu mata. Oleh sebab itu, banyak orang yang tak sadar ada kutu pada bulu matanya. Kutu yang banyak di bulu mata bisa menyebabkan blefaritis.

  1. Dermatitis Seboroik

kelopak mata, sakit mata, klinik mataDok. Pinterest (@healthline)

Kondisi ini seperti ‘ketombe’, kulit jadi kering dan mengelupas. Dermatitis seboroik bisa terjadi di berbagai tempat di kulit kita. Apabila terjadi di kelopak mata, maka bisa menyebabkan iritasi dan kemudian menjadi blefaritis. 

  1. Mata Kering
kelopak mata, sakit mata, klinik mata

Dok. Pinterest (aao.org)

Semakin kering mata kita, maka kemampuan mata untuk “perang” dengan bakteri bisa terganggu. Itu sebabnya, mata jadi bisa terkena bakteri penyebab sakit mata blefaritis.


Bila kamu merasa sakit mata gatal, merah, dan bengkak, jangan ragu untuk pergi ke klinik mata. Di klinik mata, kamu akan diperiksa terlebih dahulu, biasanya dengan pemeriksaan kelopak mata dan swab atau mengusap mata untuk mengambil minyak sehingga bisa ketahuan apakah kamu menderita blefaritis atau tidak.

Read more

cafe outdoor, cafe Jakarta, coffe shop jakarta
Lifestyle

Jangan Salah Tempat! Ini Tips WFC di Cafe Outdoor

Sejak pandemi COVID19, banyak kantor menerapkan kebijakan work from home untuk mencegah penyebaran virus. Namun, banyak kantor yang menerapkan kebijakan tersebut bahkan hingga hari ini, atau yang s...

Read more
Kacamata Minus Wanita Kekinian yang Chic Maksimal
Tips & Trick

Kacamata Minus Wanita Kekinian yang Chic Maksimal

Penampilan chic yang pertama bermain motif dalam 1 penampilan. Ootd jadi playful, kenakan kaos nuansa lime green lalu dibuat tabrak warna dengan crop jacket motif tartan dan kacamata minus wanita k...

Read more