Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Kelopak Mata Bengkak? Ini 5 Cara Mengatasinya!

Lifestyle

Kelopak Mata Bengkak? Ini 5 Cara Mengatasinya!

Kelopak mata bengkak tentu membuat tak nyaman, apalagi bila disertai gejala lain seperti mata merah dan berair. Bila kamu mengalaminya, ada beberapa cara yang bisa lakukan untuk mengatasi mata bengkak. Apa saja itu? Simak di bawah ini, ya!
  1. Kompres Dingin

Penggunaan kompres dingin adalah metode yang cukup efektif untuk mengurangi pembengkakan pada kelopak mata. Kamu dapat menggunakan kain bersih yang dicelupkan ke dalam air dingin. Tempatkan kompres dingin di atas mata selama 10-15 menit beberapa kali sehari. Dinginnya kompres membantu mengurangi pembengkakan dengan mengencangkan pembuluh darah.
  1. Teh Hijau

kelopak mata, kelopak mata bengkak, kelopak mata atas bengkak

Dok. Pinterest (@deavitanet)

Teh hijau mengandung zat antioksidan dan zat anti-inflamasi alami yang dapat membantu mengurangi pembengkakan. Celupkan kantong teh hijau dalam air panas selama beberapa menit, kemudian dinginkan di lemari es. Tempatkan kantong teh dingin di atas mata selama beberapa menit. Rutinitas ini bisa membantu meredakan pembengkakan dan membuat mata rileks.

  1. Tidur yang Cukup

kelopak mata, kelopak mata bengkak, kelopak mata atas bengkak

Dok. Pinterest (@dreamstime)

Kurang tidur dapat menyebabkan penumpukan cairan di sekitar mata, menyebabkan pembengkakan. Maka, pastikan kamu tidur cukup setiap malam, idealnya sekitar 7-9 jam. Tidur yang cukup membantu menjaga sirkulasi darah yang sehat dan mencegah pembengkakan.

  1. Hindari Alergen

Jika kamu memiliki riwayat alergi, hindari pemicu alergi seperti serbuk sari, debu, atau bulu hewan peliharaan. Menggunakan obat alergi yang direkomendasikan oleh dokter juga dapat membantu mencegah reaksi alergi yang berkontribusi pada pembengkakan mata.
  1. Perawatan Rutin Mata

kelopak mata, kelopak mata bengkak, kelopak mata atas bengkak

Dok. Pinterest (@healthline)

Membersihkan mata dengan lembut menggunakan air bersih atau larutan saline dapat membantu menghilangkan iritasi dan mengurangi pembengkakan. Hindari mengucek mata dengan kasar, karena hal ini dapat memperburuk pembengkakan.

Itu dia cara-cara mengatasi mata bengkak. Namun, kamu harus ingat bahwa ada pembengkakan mata yanng memerlukan perhatian medis, terutama jika disertai dengan gejala seperti nyeri yang parah, penglihatan kabur, atau mata merah. Jika pembengkakan berlanjut atau memburuk, segera konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

Read more

Kelopak Mata Bengkak Bisa Terjadi karena 5 Hal Ini!
Lifestyle

Kelopak Mata Bengkak Bisa Terjadi karena 5 Hal Ini!

Kelopak mata bengkak adalah masalah umum yang dapat mengganggu penampilan dan kenyamanan seseorang. Tak jarang banyak orang yang panik ketika mengalaminya. Berikut adalah 5 penyebab kelopak mata be...

Read more
nosepad kacamata, nose pad kacamata
Lunett Update

4 Fungsi Nosepad Kacamata yang Perlu Kamu Tahu!

Banyak orang menggunakan nosepad pada kacamata, tapi banyak yang tak sadar betapa besar peran nosepad ketika menggunakan kacamata. Tak hanya membuat tampilan lebih bagus, nosepad juga meningkatkan ...

Read more