Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Penyebab Sakit Mata yang Perlu Kamu Tahu

Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Penyebab Sakit Mata yang Perlu Kamu Tahu
Lifestyle

Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Penyebab Sakit Mata yang Perlu Kamu Tahu

Sakit mata menjadi hal yang sering dialami banyak orang. Hal ini biasanya ditandai dengan berbagai keluhan, mulai dari mata gatal, berair, kemerahan, terasa ada yang mengganjal, hingga terlihat bengkak dan terasa sakit. Selain itu, tidak sedikit juga sakit mata yang bisa menular.

sakit mata

Ketika sakit mata menyerang, tidak sedikit yang memilih untuk menggunakan obat tetes yang dijual bebas bahkan banyak juga yang membiarkannya begitu saja. Padahal, agar tidak semakin parah dan mengganggu penglihatan, sakit mata perlu ditangani dengan tepat lho. Selain itu, ada baiknya kamu menghindari hal-hal yang yang menjadi penyebab sakit mata. Apa saja? 

1. Iritasi

Penyebab sakit mata yang pertama adalah iritasi. Iritasi sendiri bisa terjadi karena banyak hal, mulai dari asap rokok, polusi udara, paparan zat kimia tertentu, hingga penggunaan softlens yang kurang tepat pun bisa menyebabkan iritasi yang berujung pada sakit mata. Mata kering dan konjungtivitis adalah contoh sakit mata yang disebabkan oleh iritasi.

2. Cedera

Sakit mata juga bisa disebabkan oleh cedera lho. Misalnya, mata kemasukan sampo atau benda asing lain. Cedera juga bisa disebabkan jika kamu terjatuh dan mata terbentur ke permukaan keras atau ketika ada permukaan tajam yang mencolok mata, seperti saat kamu mengucek terlalu keras dan tak sengaja melukai mata. Pada beberapa kasus, biasanya mata akan tampak merah dan berair. Namun, jika kasus yang dialami cukup berat, sakit mata juga akn lebih parah dan membutuhkan penanganan medis secepatnya.

sakit mata

3. Faktor usia

Penyebab sakit mata lainnya adalah faktor usia atau penuaan. Biasanya, pada usia tertentu, risiko terkena sakit mata seperti katarak jadi lebih tinggi. Selain itu, presbiopi juga jadi hal yang kerap dialami karena faktor penuaan. Presbiopi sendiri merupakan keadaan di mana mata sulit menaruh fokus ketika melihat suatu objek.

4. Alergi

Tak hanya berdampak pada kulit, alergi ternyata juga menjadi salah satu penyebab sakit mata. Hal ini disebabkan oleh reaksi sistem kekebalan tubuh yang berlebihan terhadap zat pemicu alergi, misalnya makanan, riasan atau makeup untuk mata, hingga polusi seperti asap dan debu. Sakit mata karena alergi biasanya ditandai dengan mata berair, gatal, dan kemerahan.

sakit mata

5. Terjadi peradangan

Peradangan menjadi hal yang cukup sering menyebabkan sakit mata. Biasanya peradangan terjadi pada bagian putih mata, bagian dalam kelopak mata, hingga di kornea mata. Hal ini biasanya menyebabkan mata terasa sakit, berair, dan kadang mengganggu penglihatan.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sakit mata. Kamu bisa mengompresnya, menggunakan obat tetes, membatasi melihat layar gadget, hingga istirahat yang cukup. Namun, jika sakit mata yang kamu alami terasa sangat mengganggu, segera periksakan ke dokter!

Read more

Ini Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Campuran Minyak Almond
Lifestyle

Ini Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Campuran Minyak Almond

Lingkaran gelap bawah mata bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurang tidur, stres, pola makan yang nggak sehat dan lain sebagainya. Mata panda memang bisa disamarkan dengan menggunakan co...

Read more
Tips Interview
Tips & Trick

Intip 7 Tips Interview Pertama Kali Buat Fresh Graduate!

Fresh graduate mana suaranya? Jangan bingung kalau dapat panggilan interview pertama kali sama perusahaan ya! Optika Lunnet punya 7 tips interview jitu yang cocok buat fresh graduate. Dijamin intev...

Read more