Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Bukan Hanya Vitamin A, Ini Nutrisi-Nutrisi yang Dibutuhkan Mata!

sakit mata, klinik mata
Lifestyle

Bukan Hanya Vitamin A, Ini Nutrisi-Nutrisi yang Dibutuhkan Mata!

Sering kita dengar bahwa “Mata adalah jendela dunia”. Hal ini benar adanya, sebab mata adalah salah satu bagian terpenting dalam tubuh kita. Melalui mata, kita bisa berinteraksi dan melihat dunia sekitar. Oleh sebab itu, kita harus merawat mata dengan memenuhi berbagai nutrisi yang diperlukan agar tidak mengalami sakit mata. Apa saja nutrisi yang dibutuhkan mata? Berikut jawabannya!

sakit mata, klinik mata
  1. Vitamin A

sakit mata, klinik mata

Dok. Pinterest (@OurPlantBasedWorld)

Rasanya yang satu ini sudah tak asing di telinga kita. Banyak yang bilang kita harus makan banyak wortel yang mengandung banyak vitamin A karena sangat berguna untuk mata. Hal tersebut sangatlah benar. Vitamin A membantu menjaga kesehatan sel mata, terutama retina. Nutrisi ini juga melindungi mata dari ultraviolet. 

  1. Omega-3

sakit mata, klinik mata
Asam lemak omega-3 berfungsi untuk menjaga kelembaban mata sehingga mata tidak mudah kering. Selain itu, omega-3 berperan penting melindungi mata dari degenerasi makula, yaitu gangguan penglihatan yang rentan terjadi pada orang lanjut usia. Untuk memenuhi nutrisi ini, kamu bisa makan ikan-ikanan seperti salmon, sarden, tuna, dan juga biji-bijian.
  1. Vitamin C

Selain memperkuat sistem imun, ternyata vitamin C juga berperan penting untuk kesehatan mata, terutama dalam hal melawan risiko katarak dan degenerasi manula. Vitamin C juga bisa menjaga kejernihan kornea karena membantu pembentukan kolagen. Kamu dapat menemukan kandungan vitamin C yang tinggi di berbagai buah, seperti jeruk dan stroberi.
  1. Vitamin E

Produksi kolagen yang dibantu vitamin E tidak hanya bermanfaat untuk kulit, tapi juga mata. Kolagen yang dihasilkan dapat membantu memperkuat jaringan ikat yang ada di sekitar mata. Beberapa makanan sumber vitamin E adalah kacang-kacangan, minyak sayur, dan biji-bijian.
  1. Zinc

Mineral yang satu ini sangat bagus untuk kesehatan mata karena membantu produksi melanin, yaitu pigmen yang dapat melindungi mata dari cahaya ultraviolet. Tak hanya itu, zinc juga membantu tubuh memproses vitamin A sehingga nantinya vitamin A dapat bekerja lebih optimal. Zinc bisa ditemukan di makanan seperti daging sapi, susu, dan ayam.

 

Dengan memenuhi nutrisi mata, kamu dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah adanya masalah kesehatan mata yang serius. Namun, harus diingat, konsumsilah dalam porsi yang pas dan tidak berlebih. Rutin memeriksakan mata ke klinik mata juga sangatlah penting agar kesehatan mata kita terus terjaga.

Read more

kacamata, frame kacamata, nosepad kacamata
Lunett Update

Kenapa, sih, Kacamata Sering Melorot? Cari Tahu di Sini!

Kacamata melorot sering dialami banyak orang, padahal hal ini sangat membuat tidak nyaman! Mencegah hal ini terjadi sangatlah perlu. Oleh sebab itu, kamu harus tahu apa saja yang menyebabkan kacama...

Read more
Styling Kacamata 2023 A la Cewek Jaksel
Tips & Trick

Styling Kacamata 2023 A la Cewek Jaksel

Kalau look yang quirky identik dengan model pakaian yang lebih colorful, unique dan statement. Seperti pada look kedua aksesori kacamata kekinian motif tortoise 

Read more