Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: 5 Penyebab Kelopak Mata Atas Bengkak

5 Penyebab Kelopak Mata Atas Bengkak
Lifestyle

5 Penyebab Kelopak Mata Atas Bengkak

Ada berbagai penyebab kelopak mata bengkak. Meski umumnya tidak berbahaya, Kelopak mata bengkak umumnya terjadi karena peradangan atau infeksi pada mata. Biasanya kelopak mata atas yang bengkak dapat membaik dengan sendirinya dalam kurun waktu 1–2 hari, namun kondisi ini tetap menimbulkan rasa tidak nyaman karena tidak disertai keluhan lain, seperti mata gatal, mata merah, sensasi berpasir, bahkan nyeri pada mata.

Sebelum diobati, sebaiknya cari tahu dahulu apa penyebab terjadinya kelopak mata atas bengkak. 

 

1.Bintitan

Bintitan bisa menyebabkan bengkak atau benjolan di kelopak mata yang bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Kondisi ini dapat muncul karena infeksi pada kelenjar minyak di kelopak mata yang umumnya disebabkan oleh bakteri Staphylococcus.

 

2. Konjungtivitis alergi

Bila keluhan kelopak mata bengkak disertai dengan mata merah, berair, dan gatal, bisa jadi penyebabnya adalah alergi. Kondisi ini disebut juga dengan konjungtivitis alergi.Alergi pada mata dapat muncul akibat adanya kontak dengan alergen atau zat bisa berupa debu, serbuk sari, bulu binatang, bahkan lem yang dioleskan saat prosedur eyelash extension yang memicu reaksi alergi bagi penderitanya. 

 

3. Kalazion

Kondisi ini bisa muncul akibat adanya penyumbatan pada kelenjar minyak di kelopak mata. Kalazion biasanya terjadi pada kelopak mata atas, tetapi dapat pula muncul pada kelopak mata bawah. Kalazion dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu, namun kamu bisa membantu proses penyembuhan dengan mengompresnya menggunakan air hangat selama 10–15 menit setiap hari.

 

4.Blefaritis

Penyebab kelopak mata bengkak selanjutnya adalah blefaritis atau peradangan di kelopak mata. Selain ditandai dengan kelopak mata bengkak, kondisi ini juga dapat menyebabkan mata merah, nyeri, sensasi berpasir, dan kotoran mata yang berlebihan. Blefaritis perlu diatasi dengan tepat karena bisa memicu bulu mata rontok dan mata kering, sehingga dianjurkan untuk membersihkan mata secara rutin setiap hari dan mengompres mata dengan air hangat sesering mungkin.

 

5. Selulitis periorbital

Selulitis periorbital merupakan infeksi pada kulit kelopak mata yang bisa menyebabkan kelopak mata atas mengalami bengkak, merah, nyeri, dan hangat ketika disentuh. Selulitis pada kelopak mata bisa dipicu oleh cedera mata, gigitan serangga, hingga infeksi pada area yang dekat dengan mata, seperti infeksi sinus.

Read more

Lebih Tahu Jenis Frame Kacamata dengan Bahan Plastik
Lunett Update

Lebih Tahu Jenis Frame Kacamata dengan Bahan Plastik

Memilih bahan frame kacamata tentu harus sangat dipertimbangkan. Tentu semua orang ingin memiliki frame kacamata dengan harga frame kacamata yang terjangkau, kualitas bagus, dan tahan lama. Sebelum...

Read more
Tips Menggunakan Riasan Sesuai Bentuk Mata
Tips & Trick

Tips Menggunakan Riasan Sesuai Bentuk Mata

Menggunakan teknik riasan atau makeup yang tepat kamu bisa menegaskan bentuk mata sehingga terlihat lebih menarik

Read more