Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Tips Nabung untuk Liburan Akhir Tahun

Tips Nabung untuk Liburan Akhir Tahun
Tips & Trick

Tips Nabung untuk Liburan Akhir Tahun

Akhir tahun semakin dekat nih! Apa yang sudah kamu siapkan untuk melewati momen akhir tahun? Jika belum ada, liburan bisa menjadi salah satu pilihannya. Nggak ada salahnya untuk menghabiskan waktu dengan liburan ke tempat impian sebelum tahun ini resmi berakhir.

Sudah ada rencana liburan akhir tahun, jangan lupa untuk memikirkan biaya yang perlu dikeluarkan ketika liburan. Masih ada waktu untuk menyisihkan uang, berikut beberapa tips nabung untuk liburan akhir tahun.

 

1. Buat rencana pengeluaran 

pinterest.com

Langkah awal yang bisa kamu lakukan ialah dengan menentukan tujuan tempat liburan yang akan kamu tuju. Lalu kamu bisa membuat rencana pengeluaran dan pemasukan keuangan secara rinci. Hal ini sangat penting untuk membuatmu mengetahui keseluruhan biaya yang dibutuhkan saat liburan. 

Saat melakukan perincian keuangan untuk liburan, sebaiknya buat secara detail seperti penginapan, transportasi, pengeluaran harian hingga pembuatan visa jika kamu berniat liburan ke luar negeri. Melakukan hal ini membuatmu bisa mengira-ngira berapa nominal yang harus ditabung dan dikeluarkan untuk keperluan liburan

 

2. Berkomitmen untuk berhemat

pinterest.com

Mudah diucapkan namun hal ini cukup menantang untuk sebagian orang. Berhemat merupakan salah satu proses yang perlu dilakukan saat ingin menabung untuk liburan akhir tahun. Kamu bisa mulai dengan mengurangi kebiasaan atau keinginan yang kurang penting seperti biaya kegiatan hiburan yang berlebihan, berbelanja hingga nongkrong setiap hari, maka kurangi kegiatan tersebut. Sebaiknya cukup keluarkan untuk kebutuhan primer sehingga goals nabung segera terpenuhi.

 

3. Membuat kebiasaan yang menyenangkan

pinterest.com

Langkah selanjutnya yaitu buat kebiasaan yang menyenangkan dengan cara menentukan target bulanan dalam menabung. Lalu kamu bisa mulai niatkan untuk memiliki kebiasaan menabung dengan uang pecahan 20 ribu atau 50 ribu rupiah. Lakukan setiap hari ya!

 

4. Mencatat laporan keuangan

pinterest.com

Hal yang nggak boleh terlupakan ialah jangan lupa untuk selalu mencatat semua pemasukan dan pengeluaran setiap hari supaya kamu mengetahui kondisi keuangan yang dimiliki. Nggak hanya untuk tabungan akhir tahun, kamu bisa membuat laporan keuangan untuk pengeluaran dan pemasukan setiap harinya. Kegiatan ini dapat membuatmu lebih fokus untuk mengejar target menabung dan menekan pengeluaran keuangan sehingga bisa mencapai anggaran yang diinginkan.

 

5. Membuat rekening baru

pinterest.com

Hal ini bukanlah kewajiban, namun sangat memudahkanmu saat proses menabung. Membuat rekening khusus untuk menabung liburan sangat memiliki dampak yang besar pada jumlah uang kamu kamu kumpulkan karena rekening tersebut hanya akan terfokus pada biaya liburanmu saja. Sebaiknya hindari mencampurkan tabungan hanya di satu rekening saja, karena hal ini sangat rentan terpakai untuk kebutuhan lainnya. 

Read more

7 Fakta Menarik Tentang Lensa Mata, Sudah Tahu?
Lifestyle

7 Fakta Menarik Tentang Lensa Mata, Sudah Tahu?

Namun terdapat hal menarik tentang lensa mata yang jarang diketahui banyak orang.

Read more
sakit mata, kelopak mata, klinik mata
Lifestyle

Sakit Mata Akibat Gatal? Atasi dengan Cara-Cara Berikut Ini!

Rasa gatal di mata seringkali membuat kita tanpa sadar mengucek kelopak mata sampai sakit mata. Padahal, mengucek mata itu berbahaya, apalagi kalau kita tidak membersihkan tangan sebelumnya. Menguc...

Read more