Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Tips Menjaga Kesehatan Mata saat Berpuasa

Tips Menjaga Kesehatan Mata saat Berpuasa
Tips & Trick

Tips Menjaga Kesehatan Mata saat Berpuasa

Selain sebagai bentuk ibadah wajib yang dilakukan oleh seluruh umat muslim, berpuasa memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Namun keterbatasan makan dan minum di siang hari membuatmu harus tetap menjaga kesehatan, termasuk kesehatan mata. Terdapat beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata saat melaksanakan puasa. Selengkapnya simak dibawah ini.

 

1. Hidrasi 

Orang yang berpuasa selama Ramadan harus berusaha menjaga asupan hidrasi sebelum dan sesudah puasa dengan meminum 2,5 liter air. Dehidrasi mampu menyebabkan, atau memperburuk, kekeringan pada mata.

 

2. Tidur

Sering dianggap remeh, namun kualitas tidur juga memengaruhi kesehatan mata saat berpuasa lho. Kurang tidur dapat menyebabkan masalah mata. Meski harus bangun sahur dan lebih banyak beribadah, usahakan tidur minimal enam jam sehari agar mata tidak kering dan lelah. 

 

3. Sahur dan berbuka dengan makanan yang bergizi

Menjaga kesehatan mata bisa dimulai asupan makanan yang seimbang. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3, lutein, seng, dan vitamin C dan E. Menurut penelitian, nutrisi ini baik untuk mata dan dapat membantu menangkal masalah penglihatan karena usia, seperti degenerasi makula dan keterlambatan katarak. . 

 

4. Olahraga

Berpuasa bukan jadi alasan untuk menghindari olahraga. Olahraga penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan membantu mengurangi risiko beberapa penyakit mata umum seperti katarak, degenerasi makula terkait usia, dan glaukoma. Latihan kardiovaskular seperti aerobik akan menurunkan tekanan intraokular, yaitu tekanan di mata yang jadi faktor utama penyebab glaukoma. Masalah penglihatan dan penyakit mata juga berasal dari tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Olahraga juga meningkatkan aliran darah ke saraf optik dan retina. Diet sehat dan olahraga teratur adalah dua langkah terpenting yang dapat dilakukan untuk menurunkan keduanya.

 

5. Memeriksakan kesehatan mata 

Bagi penderita diabetes, pemeriksaan mata yang teratur sangat penting karena memiliki risiko lebih besar mengidap komplikasi mata yang berpotensi serius. Gejala apa pun yang tidak biasa seperti penglihatan keruh, gambar kabur, bintik mengambang, dan kehilangan penglihatan harus dikonsultasikan dengan dokter mata.

Read more

kacamata
Lunett Update

5 Risiko Kesehatan Akibat Lensa Kontak

Alat bantu penglihatan bukan hanya kacamata, tapi juga lensa kontak. Bukan hanya membantu mata minus, plus, dan silinder, lensa kontak juga bisa mengubah warna mata. Namun, ada beberapa risiko peng...

Read more
5 Cara Mengatasi Mata Kering saat Puasa
Tips & Trick

5 Cara Mengatasi Mata Kering saat Puasa

Keterbatasan mengkonsumsi makan dan minuman tersebut ikut mempengaruhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh

Read more