Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Tips Memilih Musik Produktif untuk Belajar

Tips Memilih Musik Produktif untuk Belajar
Tips & Trick

Tips Memilih Musik Produktif untuk Belajar

 

Memiliki mood yang baik dan konsentrasi yang tinggi sangat dibutuhkan saat belajar. Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas yaitu dengan cara mendengarkan musik. Yup, musik nggak hanya digunakan sebagai sarana penghilang penat, namun juga bisa peredam distraksi serta membantumu dalam menjalani kegiatan sehari-hari apalagi yang membutuhkan ketekunan yang tinggi. Walau memiliki beragam manfaat, terdapat beberapa tips memilih musik produktif untuk belajar. Tips selengkapnya simak di bawah ini.

 

1. Dengarkan musik favoritmu 

Sebelum belajar, kamu bisa mulai membangun mood yang baik menggunakan musik favoritmu. Sesuaikan musik dengan genre favorit masing-masing seperti jazz, pop, R&B hingga klasik. Jangan lupa untuk membuat playlist tersendiri khusus lagu-lagu yang akan kamu dengarkan saat belajar. Dijamin momen belajar akan semakin menyenangkan. 

 

2. Pilih musik instrumental

Lagu instrumental yang identik dengan lagu tanpa lirik ternyata lebih mudah membuatmu fokus. Menurut penelitian yang dimuat dalam Evolutionary Behaviour Science, lagu yang memiliki lirik justru mampu mendistraksi fokus saat tengah melakukan kegiatan yang memerlukan konsentrasi tinggi.  Mendengarkan lagu instrumental dengan preferensi genre jazz, klasik, ambient, elektronik cenderung memiliki kecerdasan yang lebih tinggi, sehingga musik instrumental lebih tidak intrusif sebagai musik latar, sehingga bisa tetap menikmati melodi lagu tanpa lupa pada pekerjaan yang dilakukan 

 

3. Sesuaikan pilihan musik dengan jenis pelajarannya

Walau diyakini efektif membuatmu lebih fokus, ternyata tidak semua musik instrumen cocok digunakan sebagai musik untuk meningkatkan produktivitas lho. Kamu bisa sesuaikan musik dengan jenis pelajaran yang akan kamu pelajari. Jika kamu fokus dengan pelajaran yang menuntut fisik, lagu-lagu bertempo cepat atau melodi bersemangat bisa bikin kamu jadi makin terpacu juga. Namun jika pelajaran yang lebih membutuhkan fokus yang tinggi dengan buku atau kumputer, yang bekerja di depan layar komputer, melodi yang lebih tenang bisa jadi pilihan yang lebih tepat.

 

4. Perlengkapan musik

Jika kamu memiliki biaya lebih, kamu bisa mengupgrade pengalaman mendengarkan musikmu dengan perlengkapan terkini. Fitur noise cancelling atau bunyi bass sangat membantu meningkatkan produktivitas ketika mendengarkan musik saat belajar.

Read more

Cara 4 Personal Style Padukan Kacamata Bening dengan Outfit-nya
Tips & Trick

Cara 4 Personal Style Padukan Kacamata Bening dengan Outfit-nya

Trik memakai kacamata berbingkai bening biar penampilan girly kamu semakin menarik, pakai dengan pakaian tank top, baloon skirt, sandal serta tote bag. Cara pertama ini mudah banget untuk kalian ti...

Read more
7 Fakta Menarik Tentang Lensa Mata, Sudah Tahu?
Lifestyle

7 Fakta Menarik Tentang Lensa Mata, Sudah Tahu?

Namun terdapat hal menarik tentang lensa mata yang jarang diketahui banyak orang.

Read more