Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Tak Bisa Lepas dari Gadget? Waspadai Penyebab dan Gejala Eye Strain

Tak Bisa Lepas dari Gadget? Waspadai Penyebab dan Gejala Eye Strain
Lifestyle

Tak Bisa Lepas dari Gadget? Waspadai Penyebab dan Gejala Eye Strain

Mata adalah salah satu bagian tubuh yang wajib dijaga kesehatannya. Sama seperti badan yang bisa merasa capek dan pegal setelah beraktivitas, pasti kamu juga sering merasakan mata lelah. Hal ini juga kerap disebut sebagai eye strain. Lalu, apa yang menyebabkan eye strain ini terjadi?

eye strain

Penyebab

Eye strain biasanya terjadi ketika mata terlalu lama menatap layar gadget, entah itu laptop atau handphone. Selain itu, eye strain juga bisa terjadi karena kamu terlalu lama membaca buku tanpa beristirahat, pencahayaan yang minim atau terlalu terang, jarak pandang terhadap sesuatu yang terlalu jauh maupun terlalu dekat, atau bisa jadi disebabkan mata kering karena terlalu lama berada di ruangan ber-AC.

eye strain

Gejala

Lalu, apa saja gejala mata yang terkena eye strain? 

  • Kelelahan mata.
  • Sakit kepala.
  • Penglihatan kabur.
  • Mata kering atau justru berair.
  • Sakit leher dan bahu.
  • Mata sensitif terhadap cahaya.
  • Kesulitan untuk membuka mata.

eye strain

Cara mengatasi eye strain

Tak perlu panik ketika kamu mengalami eye strain. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya:

1. Istirahatkan mata sejenak

Jika kamu sedang membaca atau bermain gadget, coba letakkan buku dan handphone-mu untuk sementara. Kamu bisa memejamkan mata sejenak sambil memberi pijatan ringan. Jika memungkinkan, coba lihat sesuatu yang hijau seperti pepohonan. 

2. Atur keterangan layar

Jika masih harus berkutat di depan layar komputer, pastikan untuk mengatur intensitas cahaya layarmu agar tidak terlalu terang dan menyilaukan mata.

3. Gunakan obat tetes dan pakai kacamata anti radiasi

Untuk mengatasi mata kering dan terasa lelah, kamu bisa menggunakan obat tetes yang dijual di pasaran untuk mengatasinya. Pakai juga kacamata anti radiasi saat bekerja di depan gadget agar kesehatan mata tetap terjaga.

Read more

kacamata polarized
Lunett Update

4 Manfaat Kacamata Polarized yang Wajib Kamu Tahu!

Kacamata polarized cukup populer bagi banyak orang yang ingin melindungi mata mereka dari sinar matahari dan refleksi. Kacamata polarized memiliki lensa yang dapat memblokir cahaya terpolarisasi se...

Read more
kacamata minus
Lunett Update

Masih Buram Waktu Pakai Kacamata? Ini Ciri Ukuran Minus Bertambah!

Meski sudah memakai kacamata, ukuran lensa mata minus masih ada kemungkinan bertambah, apalagi bila dialami selama masa pertumbuhan atau usia remaja. Berikut ciri-ciri ukuran mata minus bertambah.

Read more