Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Penyebab Bengkaknya Kelopak Mata Bawah

Penyebab Bengkaknya Kelopak Mata Bawah
Lifestyle

Penyebab Bengkaknya Kelopak Mata Bawah

Nggak hanya mengganggu penampilan, bengkak pada mata memang menjadi penyakit mata yang sangat mengganggu saat beraktivitas sehari-hari. Salah satu yang sering sering terjadi ialah pembengkakan pada area kelopak mata bawah. Selain karena masalah tidur, menangis juga bisa menyebabkan kelopak mata bawah bengkak. Ketika menangis, mata akan menghasilkan banyak air mata yang dapat menumpuk di kelopak mata bawah sehingga memicu pembengkakan.

Namun selain dari pada itu, terdapat penyebab lain terjadinya bengkak pada kelopak mata bawah yang dinilai sebagai penyakit tertentu. Simak selengkapnya di bawah ini.

 

1. Bintitan

Bintitan adalah pembengkakan pada kelopak mata yang disertai kemerahan dan nyeri. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang salah satu jenis bakteri tersebut yang paling sering menyebabkan bintitan. Selain itu, kebersihan mata yang tidak terjaga, penggunaan lensa kontak yang kotor dan pemakaian make up yang telah terkontaminasi bakteri juga dapat memicu terjadinya bintitan.

 

2. Kalazion

Kalazion adalah benjolan atau pembengkakan kecil di kelopak mata yang terjadi karena tersumbatnya kelenjar meibom atau kelenjar minyak. Berbeda dengan bintitan, kalazion biasanya tidak disertai nyeri dan kemerahan.

 

3. Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah peradangan pada selaput yang melapisi kelopak mata bagian dalam dan bagian putih bola mata. Kondisi ini disebabkan oleh alergi, infeksi bakteri, virus, atau jamur. Konjungtivitis ditandai dengan gejala berupa putih mata memerah, kotoran mata berlebih, dan kelopak mata bengkak.

 

4. Saluran air mata tersumbat

Tersumbatnya saluran air mata yang terletak di kelopak mata bawah bisa membuat air mata tidak keluar. Hal ini dapat memicu penumpukan cairan dan pembengkakan di kelopak mata bawah, terutama di bagian yang mendekati hidung. Penyumbatan saluran air mata sering kali terjadi pada bayi baru lahir. Sementara pada orang dewasa, kondisi ini bisa disebabkan oleh cedera, infeksi atau tumor.

5. Alergi

Penyakit ini sudah nggak asing ditemui pada sebagian orang. Alergi dapat dipicu oleh makanan, bahan kimia, atau penyebab alergi (alergen) lainnya, seperti debu, bulu hewan, serbuk sari, dan polusi. Reaksi alergi biasanya juga disertai pembengkakan di mulut, lidah, bahkan tenggorokan sehingga penderitanya dapat sulit bernapas.

6. Penyakit Graves

Penyakit Graves adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat, dalam kasus ini sel kelenjar gondok atau tiroid. Kelenjar gondok yang rusak mengalami gangguan produksi hormon tiroid, sehingga menimbulkan sejumlah masalah pada tubuh. Salah satunya adalah pembengkakan otot dan jaringan di sekitar mata, sehingga mata tampak menonjol keluar dan kelopak mata bengkak.

Read more

5 Keuntungan Pakai Kacamata Bluecromic, Cocok Buat yang Sehari-hari Depan Gadget
Lunett Update

5 Keuntungan Pakai Kacamata Bluecromic, Cocok Buat yang Sehari-hari Depan Gadget

Apa sih emang kacamata Bluecromic itu? Kacamata ini punya teknologi canggih yang bisa menyesuaikan warna lensanya dengan lingkungan sekitar. Kalo lagi outdoor, lensanya bakal berubah jadi biru untu...

Read more
Cara Mengobati Kelopak Mata Bawah yang Bengkak
Lifestyle

Cara Mengobati Kelopak Mata Bawah yang Bengkak

Jangan panik, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati kelopak mata bawah yang bengkak. 

Read more